WIB

Sekilas Tentang Gebyok Ukir Jepara

Sekilas Gebyok Ukir Jepara
Sekilas Gebyok Ukir Jepara

Apa itu Gebyok? - Gebyok merupakan salah satu Mebel Furniture khas Jawa berupa partisi penyekat ruangan khas Jawa yang pada umumnya terbuat dari bahan kayu jati. Biasanya dipergunakan untuk menyekat antara ruang seperti ruang tamu atau ruang keluarga dengan kamar-kamar di rumah adat. Gebyok pun bisa dipasang sebagai pemanis pendopo di salah satu sisinya untuk menuju ke rumah adat.

Gebyok ada yang tidak berukir atau polosan dan gebyok dibuat memiliki ukiran dengan berbagai macam desain dan ornament. Gebyok yang baik adalah yang ukirannya detail, halus, memiliki ukiran dalam dengan tingkat kesulitan tinggi, tiga dimensi, kualitas kayu yang digunakan sebagai bahan baku gebyok pada umumnya memang merupakan jenis kayu yang tahan cuaca, kayu yang sudah tua sehingga cenderung lebih kuat dan awet untuk dijadikan dekorasi yang indah menawan. Dengan segala keunikannya, gebyok sebagai partisi khas Jawa yang memiliki nilai estetika, bernilai seni tinggi tidak akan ditemukan di tempat atau daerah lain kecuali di tanah Jawa seperti di daerah Jepara dan Kudus.

Pada dasarnya gebyok berfungsi sebagai partisi penyekat antar ruangan, bisa juga dipakai untuk pintu masuk dalam rumah, ada juga yang memajangnya di gerbang pintu masuk. Aplikasi gebyok saat ini tidak lagi menjadi elemen yang terlalu kaku ukurannya seperti dalam rumah-rumah adat jawa. Tapi gebyok juga dapat disesuaikan dengan ukuran ataupun fungsi tertentu seperti gebyok dengan ukuran pintu berapapun yang diinginkan dapat dipesan.


Gebyok dapat disandingkan dengan furniture berbahan kayu lainnya baik yang memiliki ornamen atau tidak. Kursi meja tamu baik bergaya klasik atau kontemporer atau Kursi besar panjang lebar (bale-bale) berbahan kayu jati itu juga menambah suasana Jawa. Bisa juga dipadukan dengan furniture berbahan besi dengan unsur ukiran, ada banyak juga rumah modern mengaplikasikan penyekatnya dengan unsur gebyok dalam interior modern sah-sah saja, sungguh fenomenal dan begitu kontras antara desain tradisional dengan modern. Temukan Toko Mebel Online kami pada pencarian Google dengan penelusuran "Toko Gebyok" atau alamat url www.tokogebyok.com.

Kontak :
Supriyanto, SE (Toko Gebyok Jepara)
HP : 081227267733 - WA : 081932487733 - PIN : D295D533

Web : http://www.tokogebyok.com
Download APK Playstore :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Tentang Gebyok Ukir Jepara"

Posting Komentar

Blog Toko Gebyok

Selengkapnya